Kemacetan di Jakarta Tak Kunjung Turun, Heru Budi Hartono Ajak Telkom dan PLN Tinjau Lokasi Galian Kabel

NFCMUSA – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan meninjau sejumlah titik lokasi galian kabel yang dianggap menjadi penyebab kemacetan di Jakarta. Ia akan mengajak Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) Indonesia, PLN, Telkom, dan pihak terkait pada Ahad pekan ini.

“Minggu pagi saya akan keliling,” kata Heru Budi di dekat Stasiun Kalideres, Jakarta Barat, Senin, 27 Februari 2023.

Pembangunan MRT, LRT, jalan tol, jalan layang, terowongan, jalan baru dan sebagainya sudah terbukti tidak mampu mengatasi kemacetan. Sebaliknya pembangunan jalan malah merupakan bentuk undangan untuk naik kendaraan pribadi.

“Lupakan ERP karena itu tidak akan pernah terwujud di Jakarta selama masih banyak orang yang berkepentingan. Kalau mau dan serius, ERP integrasikan saja dengan sistem pembayaran tol dengan MLFF (multi lane free flow),” kata dia.

Heru Budi Minta Transjakarta Tambah Bus untuk Tekan Kemacetan

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan meminta PT Transjakarta menambah jumlah bus untuk menekan angka kemacetan Jakarta yang tak kunjung turun.

“Macet melulu, ya. Mudah-mudahan nanti, saya undang jajaran Dirut TransJakarta untuk menambah (bus),” kata Heru Budi usai meninjau RPTRA Triputra Persada, Jakarta Utara, Selasa, 31 Januari 2023.

“Pada tahun 2019, Jakarta indeks kemacetannya di angka sudah 53 persen. Tentunya kalau sudah di angka 50 persen sudah sangat mengkhawatirkan. Berarti Jakarta itu sudah tidak nyaman,” kata Latif saat rapat bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta, Selasa, 24 Januari 2023.

Memasuki kuartal pertama tahun 2022, indeks kemacetan di Jakarta meningkat lagi hampir 48 persen atau hampir 50 persen.

Menurutnya ini menjadi perhatian Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya beserta pihak yang mengurus masalah ini. Namun selama tahun 2022, tercatat sudah ada 22 juta pergerakan kendaraan dengan asumsi jumlah penduduk 10,7 juta orang.

Latif Usman mengungkapkan, diperkirakan pengendara mengalami kerugian sekitar 30 menit dalam perjalanannya. Kerugian negara diperkirakan lebih dari Rp 70 triliun akibat kemacetan di Jakarta pada kuartal pertama dan kedua tahun 2022.

“Kerugian daripada negara sebetulnya mencapai Rp 71 triliun dalam setahun, kerugian negara akibat kemacetan lalu lintas di Jakarta,” kata dia.

1 Komentar


  1. Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *